Saturday 30 August 2014

Tulisan Blog di bulan Agustus (yang mengerikan)

Tulisan Blog di bulan Agustus (yang mengerikan)

            “di bulan yang ke delapan tahun ini”
            “hanya hampa yang aku rasa”
            “ingin kutulis semua kisahku”
            “tapi inilah yang terjadi”
            “jiwa dan raga serasa mati”

            Selamat datang bulan Agustus. Oh ternyata ini hampir menjelang bulan September. Hmm, never mind, yang penting kalian semua jangan anggap sepenggal kalimat pembuka di atas itu nyata ya ! Itu hanyalah kumpulan kalimat yang merepresentasikan keadaan blogku di bulan (yang indah) ini. Entah mengapa apa yang terjadi. Apa yang terjadi ? Benar sekali. Apa yang sebenarnya terjadi di dunia ini ? especially for me ?

            Bulan Agustus 2014 ini, entah apa karena libur panjang semester genap dan juga berbarengan dengan libur ramadan, menjadi titik balik yang mengerikan dengan tulisanku di blogku (yang keren), hahaha. Dulu waktu menjelang liburan, aku pernah katakan pada temanku, rasanya aku akan banyak menulis ketika liburan puasa. Terutama ketika setelah tarawih, pagi, atau sore hari. Ternyata kenyataan lebih mengerikan daripada imajinasi. Memang sempat kutulis beberapa karya, tetapi tidak seperti harapan awalku. Deadlock banget pokoknya. Waktuku yang banyak aku gunakan untuk pergi ke rumah teman-temanku, atau hanya menonton film anime atau film dokumenter. Lalu yang tidak kalah penting, aku juga terlalu lama tidur di pagi hari, haha. Ya begitulah kisahku, bagaimana denganmu ? Aku harap tidak semengerikan yang aku alami. Lebih penting dari itu, apa gunanya punya laptop dan microsoft word jika jarang dipakai untuk menulis, meski hanya curhatan atau puisi singkat ?

            Wah, sepertinya aku harus memulai sedikit kisahku lebih awal lagi. Dulu sebelum punya laptop aku sudah punya mahakarya. Ia mahakarya, haha. Sebuah kisah petualangan yang sangat keren berbentuk cerita bersambung. Judulnya adalah The Adventure of Dream. Ide itu aku dapatkan sewaktu smp. Lalu ketika smk kucoba untuk tulis dalam buku. Setelah mempunyai laptop, baru kutulis di depan layar monitor berformat document. Ketika aku alihkan dari buku ke laptop, banyak perubahan cerita. Intinya ingin kubuat sepanjang yang aku bisa. Dulu targetnya satu minggu setidaknya menulis satu episode saja. Jika sedang longgar, bisa tambahkan lagi beberapa episode. Ketika kuliah, pernah kucoba untuk lebih giat lagi. Satu minggu dapat tiga episode. Tetapi akhirnya kewalahan. Baiklah, satu episode saja sudah bagus asal konsisten.

            Dan, apakah yang terjadi pada cerbungku itu ? Setelah mempunyai blog ini, rasanya duniaku teralihkan. Bukan karena kamu, ia kamu. Kamu yang ada di hatiku itu lo, haha. Di blogku ini, targetku lumayan berat (bagiku). Yaitu harus minimal lima tulisan atau apalah itu untuk mengisinya tiap bulan. Bahkan terkadang aku pernah menulis enam sampai tujuh postingan pada bulan tertentu. Dan apa hubungannya tulisan blog, The Adventure of Dream, dan judul postingan ini ? Intinya aku ingin kembali menata ulang segala karyaku. Mungkin curhat dengan menulis, aku akan temukan jawabannya.

            Aku juga ingin kembali konsisten dengan target minimal lima tiap bulan di blogku dan juga bisa melanjutkan petualangan cerbung itu. Pertanyaannya adalah, apakah aku bisa ? Bulan ini saja blogku bisa aku katakan hancur. Baru ada satu tulisan yang aku posting. Tetapi tidak apalah. Akan kucoba kembali konsisten (jika bisa) di bulan selanjutnya. Dan bagaimana nasib dari cerbungku ? Jujur aku malu kalau memposting tiap episodenya pada blog. Ceritanya lumayan lucu dan memalukan, haha. Aku pun tak sanggup jika melihat ceritanya dibaca orang lain. Mungkin cukup aku baca sendiri saja. Impianku sih, ingin kujadikan komik seperti halnya komik Jepang. Jika sanggup. Satu problem lagi adalah, tahun ini aku ingin kuliah sambil bekerja. Dan itu kuprediksi akan mengganggu kegiatanku pada tulis menulis ini. Meski begitu, aku harus upayakan yang terbaik. Tidak masalah tulisanmu sedikit. Tetapi jika konsisten maka akan keren. Meski yang menonton blogmu hanya kau sendiri, hahaha.

            Oh bulan Agustus, bulan ini yang tampak berbeda. Semoga setelah kembali ke kehidupan di Solo, semuanya bisa kembali berjalan menyenangkan. Begitu juga dengan semua karya-karya yang bisa saja aku hasilkan di masa depan. Dan mengenai dua hal tadi, mungkin aku bisa mengubah targetku di blog dan cerbungku. Demi berjalannya kedua hal yang merupakan berarti bagiku. Bisa jadi inilah konklusinya.

            “Target itu tidak perlu terlalu banyak. Cukup sesuaikan dengan kemampuan kita pasti semuanya akan berjalan lancar”


            Akhirnya saatnya untuk mengucapkan selamat berjumpa lagi di lain kesempatan. Matur nuwun sampun maos.

0 comments:

Post a Comment